Thursday, September 10, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Iman kepada Malaikat. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian Iman kepada Malaikat

Malaikat adalah makhluq Allah swt yang ghaib, artinya tidak dapat kita rasakan kehadirannya dengan kelima indera manusia. Walaupun demikian, kita harus yakin dan mengimani keberadaan malaikat-malaikat Allah Swt.

Pengertian Iman kepada Malaikat

Iman kepada malaikat berarti mengimani atau meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan dan mengutus malaikat untuk melakukan tugas-tugas tertentu dari Allah Swt. Mengimani malaikat adalah salah satu dari rukun iman.

Malaikat (ilustrasi)
Dalil mengenai iman kepada malaikat sebagaimana disebutkan dalam hadis Rasulullah saw. mengenai pengertian iman, seperti dikisahkan oleh Abdullah bin Umar r.a. bahwa Rasulullah telah bersabda yang artinya, ”Iman itu engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab- Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhir serta beriman kepada ketentuan (takdir) baik atau yang buruk.” Dari hadits itu, iman kepada malaikat adalah salah satu rukun keimanan kita. Dengan demikian, iman kepada malaikat adalah hal penting yang wajib kita hayati.

Penghayatan itu muncul dalam bentuk keimanan kepada malaikat dengan sepenuh hati sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. dan juga telah dicontohkan Rasulullah saw. Dalam mengimaninya, juga wajib disertai dengan mengimani rukun-rukun iman yang lain. Keimanan kepada malaikat wajib dilakukan secara terpadu, yaitu dengan meyakini sepenuh hati, mengikrarkan dengan lisan, dan membuktikannya dengan sikap dan amal yang benar dalam menjalani hidup sehari-hari.

Beriman kepada malaikat mengandung empat unsur sebagai berikut.

  1. Beriman pada keberadaan mereka dengan meyakini bahwa wujud malaikat benar-benar ada. Dasar keyakinan itu sebab telah dinyatakan oleh Allah sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an.
  2. Beriman kepada nama-nama malaikat yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan sunah. Ada sepuluh malaikat yang wajib kita imani dan ketahui.
  3. Beriman pada sifat-sifat malaikat yang akan dijelaskan. Meskipun sifatnya berbeda dengan manusia, kita wajib meyakini bahwa mereka juga sesama makhluk Allah.
  4. Beriman pada tugas-tugas malaikat sebagaimana yang akan dijelaskan dengan keyakinan bahwa mereka menjalankannya tanpa rasa lelah dan bosan.





No comments:

Post a Comment