Sunday, September 6, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Contoh Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian dan Contoh Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Pengertian dan Contoh Sabar

Sabar artinya menahan diri dalam menanggung suatu penderitaan, baik dalam menemukan sesuatu yang tidak dingini ataupun dalam bentuk kehilangan sesuatu yang disenangi. Menurut al-Gazali, sabar berarti suatu kondisi mental dalam mengendalikan nafsu yang tumbuhnya adalah atas dorongan ajaran agama. Kesabaran absolut diperlukan dalam meng- hadapi kehidupan di dunia. Hal ini sebab hidup tidak lepas dari kenyata- an bahwa setiap orang selalu bersenTuhan dengan nikmat dan cobaan dalam menjalani kehidupan di dunia.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dihadapkan pada berbagai keadaan yang menuntut kita bersikap dengan tepat. Adakalanya kita dihadapkan dengan masalah hidup. Sakit yang tidak kunjung sembuh, ingin sepeda motor tetapi tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya, atau masalah lain yang tidak mengenakkan hati. Adakalanya pula kita dihadapkan pada beratnya ketaatan kepada Allah Swt. Misalnya, saat terlelap tidur wajib bangun untuk salat Subuh. Semua keadaan ini menuntut sikap yang tepat untuk menghadapinya.

2. Berperilaku Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari

Sabar adalah perilaku terpuji yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan perilaku sabar dalam kehidupan menyangkut dua hal sebagai berikut.

a. Sabar dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Kata cobaan hidup sering ditujukan pada kondisi saat kita merasa tidak nyaman dengan kondisi itu. Cobaan yang datang bisa berupa musibah banjir, tanah longsor, sakit, kematian, kemiskinan, dan beberapa contoh lainnya. Dalam keadaan seperti ini, kesabaran adalah kunci untuk menghadapinya. Berkaitan dengan perilaku sabar Allah Swt. berfirman seperti berikut.
Pengertian dan Contoh Sabar dalam Kehidupan Sehari-hari
Artinya: Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata ”Inna lilla hi wa inna ilaihi ra jiun” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). (Q.S. al-Baqarah [2]: 155–156)

b. Sabar dalam Menjalankan Ketaatan kepada Allah Swt.

Melaksanakan perintah Allah Swt. dan rasul-Nya bukan hal yang mudah dan di sinilah kesabaran diperlukan. Misalnya, untuk menjalankan perintah zakat kita wajib bersabar sebab godaan untuk tidak mengeluarkan harta dan berbagi dengan orang lain akan muncul.

Selain dalam menjalankan perintah Allah Swt., kita wajib sabar dalam menahan diri dari kemaksiatan. Kemaksiatan sering muncul sebagai kenikmatan dunia dan tidak jarang kita tergoda untuk mencicipinya. Padahal di balik maksiat itu terdapat bahaya yang mengancam kebaikan kita sebagai manusia. Oleh sebab itu, Allah Swt. melarang kita berbuat maksiat. Di sinilah kesabaran diperlukan.

Allah Swt. banyak berfirman mengenai sabar dan keutamaannya. Pada tugas kali ini kalian diberi tugas untuk menemukan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan perilaku sabar. Kerjakan tugas ini bersama kelompok kalian dan temukan minimal lima ayat Al-Qur’an yang mengangkat seputar sabar dan keutamaannya. Tulislah dalam buku tugas kalian masing-masing beserta terjemahnya. Jangan lupa untuk menulis kandungan ayatnya secara singkat. Gabungkan tugas kalian dengan tugas sebelumnya. Selanjutnya, kumpulkan kepada guru untuk ditelaah lebih lanjut.

Sumber : Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Husni Thoyar



1 comment:

  1. luar biasa artikelnya...
    memberikan gambaran kepada kita tentang pentingnya bersabar di jalan Allah, berikut tambahan artikel mengenai manfaat dan ganjaran yang akan didapat bagi orang- orang yang bersabar di jalan Allah semoga bermanfaat

    ReplyDelete