Thursday, September 10, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Ayat-Ayat Alquran mengenai Malaikat. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Ayat-Ayat Alquran mengenai Malaikat


Allah dan rasul-Nya memberikan banyak keterangan mengenai malaikat. Keterangan itu tersebar dalam banyak ayat Alquran dan hadis. Salah satunya sebagai berikut.

Ayat Alquran mengenai Malaikat
Artinya: Segala puji untuk Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat . . . . (Q.S. Fatir : 1)

Ayat di atas menyebutkan satu sifat malaikat yaitu mempunyai sayap. Sebagian malaikat mempunyai dua sayap, tiga, hingga empat sayap. Bahkan ada pula malaikat yang mempunyai beribu-ribu pasang sayap. Diantara malaikat yang mempunyai beribu sayap adalah Malaikat Izrail. Sebagai mukmin, kita wajib meyakini keterangan itu tanpa perlu mempermasalahkan bentuk dan rupa sayap itu. Sebagian ulama menafsirkan sayap itu memang berujud sayap seperti yang kita pahami ada pada burung. Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa sayap malaikat adalah kiasan kemampuan mereka untuk terbang. Semakin banyak jumlah sayap, semakin besar pula kemampuan malaikat bersangkutan untuk terbang. Adapun hakikat sayap malaikat itu adalah rahasia Allah yang Maha Mengetahui.

Selain ayat di atas terdapat banyak ayat yang menjelaskan mengenai malaikat dalam Al-Qur’an. Di antaranya sebagai berikut. 1 . Al-Baqarah (2): 177 dan 285; 2 . Ali ‘Imran (3): 39, 42, 124, dan 125; 3 . An-Nisa’ (4): 97 dan 172; 4 . Al-Anfal (8): 9 dan 12; 5 . Al-Hijr (15): 8; 6 . Asy-Syura (42): 5; 7 . At-Tahrim: 4 dan 6 (66); 8 . Al-Ma‘arij (70): 4; 9 . Al-Ahzab (33): 56; dan 10. Al-Anbiya’ (21): 19–20.

Bukalah Al-Qur’an dan temukanlah ayat-ayat yang telah disebutkan. Salinlah ayat itu dalam buku tugas kalian dan pelajarilah kandungan tiap-tiap ayat. Selanjutnya, lakukan presentasi singkat hasil temuan kalian di depan kelas. Untuk memudahkan presentasi, kalian dapat membuat makalah singkat yang terdiri atas beberapa bagian berikut ini. A. Pendahuluan B. Ayat-Ayat mengenai Malaikat C. Kandungan Ayat

Kalian juga dapat menggunakan sistematika lain sesuai harapan kalian. Hal terpenting dari kegiatan ini adalah kalian dapat mengetahui keterangan yang terdapat dalam Al-Qur’an, selanjutnya merangkumnya menjadi pemahaman yang utuh.

Malaikat Bukan Anak Perempuan Allah 
Orang-orang musyrik beranggapan bahwa malaikat adalah anak-anak perempuan Allah. Pada sisi yang lain, mereka tidak senang dengan anak-anak perempuan. Pemahaman demikian tentu bertentangan dengan ajaran tauhid sebab Allah dianggapnya mempunyai anak. Malaikat adalah sesama makhluk Allah yang diciptakan untuk menjalankan tugas- tugas tertentu.
Tentang anggapan kaum musyrik bahwa malaikat adalah anak perempuan Allah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah az-Zukhruf  ayat 19 yang artinya, ”Dan mereka menjadikan malaikat-malaikat hamba-hamba (Allah) Yang Maha Pengasih itu sebagai jenis perempuan. Apakah mereka menyaksikan penciptaan (malaikat-malaikat itu)? Kelak akan dituliskan kesaksian mereka dan akan dimintakan pertanggungjawaban.” Keyakinan keliru sebagaimana dijelaskan di atas ternyata masih memengaruhi akal dan hati banyak orang. Kita sering menyaksikan, beberapa orang yang menyerupakan malaikat dengan perempuan-perempuan berkostum putih. Misalnya dengan membuat patung atau gambar malaikat yang berwujud anak-anak perempuan dan wanita-wanita cantik yang mempunyai sayap. Pemahaman demikian sangat berbahaya sebab dapat merusak iman.

Sumber : Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Husni Thoyar



2 comments:

  1. I like your blog on Islamic teachings, its very important that every person gets to knwo their grounds in terms of religion, culture and other ways of life. This is such a nice blog, it is very helpful especially to people looking forward to learn more on Islamic teachings. Business documents writing services offered to all at a very affordable rate. Visit the link and you will get to obtain professional help at pocket friendly prices.

    ReplyDelete