Wednesday, July 1, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW


Bulan Ramadhan atau bulan puasa adalah bulan penuh rahmat dan ampunan yang dinatikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Berikut ini akan disampaikan tentang Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini akan disampaikan tentang Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

1. Melaksanakan Makan Sahur

“Makan sahurlah sebab sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hadist itu berarti bahwa saat kita hendak berpuasa, maka kita melaksanakan sahur sebab didalamnya juga terdapat suatu keberkahan.

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Jika sudah datang waktu berbuka, hendaklah menyegerakan berbuka, sebab didalamnya terdapat banyak sekali kebaikan. Sabda Rosulullah SAW yang artinya “Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membaca/Tilawah Al-Qur’an

 Amalan Ibadah di Bulan Ramadhan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAWMembaca al-qur’an di waktu bulan ramadhan maka pahala akan dilipat gandakan. Apabila di bulan-bulan biasa Anda bisa membaca Al-Qur’an dalam sebulan, maka Anda dapat memasang target dua kali khatam di bulan puasa. Bahkan para sahabata Nabi SAW sudah lazim mengkhatamkan tilawah dalam sepekan (7 hari) saja.

4. Memberikan Makanan Berbuka Puasa (ta’jil}

Amal ibadah di bulan mulia ini bisa Anda manfaatkan bersama tetangga atau anak-anak yatim yang ada disekitar rumah Anda. Memberikan makanan untuk sahur atau berbuka bisa Anda terapkan dalam hal berbagi rezki kepada sesama umat.

5. Berdakwah

Di sepanjang bulan Ramadhan Anda mempunyai kesempatan berdakwah pada sesama umat muslim sebab suasana Ramadhan telah terasa dimana-mana dan setiap orang akan siap menerima nasihat baik dan tentunya benar.

6. Shalat Tarawih

Ibadah sunnah di bulan Ramadhan yang khas yaitu shalat tarawih. Solat tarawih akan lebih baik bila dilakukan secara berjamaah walaupun juga sah bila dilaksanakan sendiri dirumah.

7. I’tikaf

I’tikaf yaitu berdiam diri di masjid dengan niat beribada kepada Allah swt. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah beri’tikaf pada awal, pertengahan, dan paling sering 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

8. Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah dimana malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim : “Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasar iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

9. Umrah Ramadhan

Melaksanakan umrah di bulan ramadhan juga trermasuk amalan baik di bulan ramadhan sebab pahalanya berlipat-lipat akan tetapi untuk umat yang mampu melaksanakannya.

10.Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib dibayarkan oleh umat islam sebelum hari Ramadhan berakhir, baik laki-laki, perempuan, dewasa atau anak-anak. Hal ini memiliki tujuan untuk mensucikan orang yang melakukan puasa dan membantu fakir miskin di lingkungan sekitar. Pahala ibadah puasa akan tetap tergadai jika belum membayar zakat fitrah sebelum Sholat Ied didirikan.

Inilah beberapa amalan yang khas di bulan Ramadhan ini. Berbagai amalan di bulan Ramadhan itu bisa pula menjadi titik awal untuk menambah kuantitas dan kualitas ibadah kita sehingga setiap tahun meningkat pula keimanannya.




1 comment:

  1. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas Paytren , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, cukup dari genggaman anda saja . Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM dan anda mendapatkan casback disetiap transaksi anda dan mitra di jaringan anda.
    Penasaran Dengan Bisnis
    Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

    ReplyDelete