Monday, January 5, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Mari Menghormati Orang Tua Kita. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Mari Menghormati Orang Tua Kita

Siapakah orang yang paling dekat dengan kita sejak lahir? Tentu kedua orang kita bukan? Merekalah yang membawa kita ke dunia ini dengan izin Allah Swt. Mari kita menghormati orang tua kita, baik saat masih hidup maupun saat mereka telah meninggal dunia. Jasa mereka besar sehingga kita tidak akan mampu menghitungnya, jasa mereka yang demikian besar itu antara lain:

  1. Ibu mengandung dengan penuh susah payah, dan melahirkan kita dengan mempertaruhkan nyawanya;
  2. Ibu menyusui kita selama dua tahun dengan penuh kasih sayang dan terjaga malam hari karena memenuhi kebutuhan anaknya;
  3. Ibu dan ayah memelihara kita sehingga kita siap untuk hidup mandiri;
  4. Ayah dan ibu bekerja keras untuk memenuhi keperluan keluarga;
  5. Ayah dan ibu memberi kita bekal pendidikan;
  6. Ayah dan ibu memberikan kasih sayang kepada kita dengan ikhlas tanpa meminta balasan.

Mari Menghormati Orang Tua Kita
Menghormati Orang Tua Kita
Begitu besarnya jasa orang tua sehingga kita sebagai anak hukumnya wajib untuk berbuat baik kepada keduanya. Allah Swt. memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada keduanya, sebagaimana firman-Nya: “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah shalat dan tunaikanlah zakat.” Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang.” (Q.S. al-Baqarah/2: 83).

Pada penggalan ayat, Allah Swt. menegaskan bahwa kita harus berbuat baik kepada kedua orang tua kita. Terkait dengan ini, Imam Abu Daud dan Baihaqi meriwayatkan sebuah hadis dari Abdullah bin Amru sebagai berikut.

“Dari Abullah bin Umar berkata. Seseorang datang kepada Rasulullah saw. dan berkata, “Aku akan berbaiat kepadamu untuk berhijrah, dan aku tinggalkan kedua orang tuaku dalam keadaan menangis.” Rasulullah saw. bersabda, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu dan buatlah keduanya tertawa sebagaimana engkau telah membuat keduanya menangis.” (H.R. Baihaqi)
Hadis di atas menegaskan kepada kita agar tidak sekali-kali mengecewakan kedua orang tua kita.

Bagaimana tata cara menghormati orang tua kita ? Perilaku seorang yang akan menghormati kedua orang tuanya dapat diwujudkan dengan cara berikut ini.

A. Menghormati orang tua kita ketika masih hidup:
  1. Memperlakukan keduanya dengan sopan dan hormat;
  2. Membantu pekerjaanya;
  3. Mengikuti nasihatnya (apabila nasihat itu baik);
  4. Membahagiakan keduanya.

B. Menghormati orang tua kita ketika sudah meninggal;
  1. Jika keduanya muslim, kita dapat mendoakan mereka setiap saat agar mendapat ampunan Allah Swt; Doa yang diajarkan Rasulullah saw. demikian: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan rahmatilah mereka sebagaimana keduanya telah memeliharaku pada waktu kecil.”
  2. Melaksanakan wasiat-wasiatnya;
  3. Menyambung dan melanjutkan silaturahmi yang dahulu telah dilakukan oleh kedua orang tua;
  4. Menjaga nama baik mereka berdua. 






No comments:

Post a Comment