Saturday, January 17, 2015

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Hikmah dan Pentingnya Perilaku Amanah dalam Kehidupan . Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Hikmah dan Pentingnya Perilaku Amanah dalam Kehidupan

Hikmah Perilaku Amanah


Ada banyak sekali hikmah atau manfaat perilaku amanah. Beberapa manfaat atau hikmah perilaku amanah sebagai berikut.
  1. Dipercaya orang lain. Kepercayaan merupakan modal yang sangat berharga dalam menjalin hubungan atau berinteraksi antarsesama manusia. 
  2. Memperoleh simpati dan orang lain. 
  3. Memperoleh kesuksesan hidup dan dImudahkan oleh Allah Swt. 
  4. Menunalkan amanah termasuk melaksanakan perintah Allah Swt. dan rasul-Nya. Allah Swt. dan rasul-Nya dl dalam Al-Quran dan hadis memerintahkan manusia untuk menunaikan amanah, serta melarang berkhianat. Dengan demikian, menunaikan amanah termasuk implementasi ketakwaan kepada Allah Swt. 
  5. Allah Swt. akan mengaruniakan kemudahan dan solusi dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi. 
  6. Menunaikan amanah menjadi salah satu ukuran kedekatan seseorang kepada Allah Swt. 

Hikmah dan Pentingnya Perilaku Amanah dalam Kehidupan

Pentingnya Perilaku Amanah dalam Kehidupan


Pada hakikatnya segala yang kamu miliki merupakan amanah dari Allah Swt. Tugas sebagai khalifah di bumi merupakan amanah yang harus kamu laksanakan dengan baik. Kecerdasan, kekayaan, dan jabatan merupakan amanah yang harus dimanfaatkan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Di akhirat kelak manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amanah yang diembannya. Seorang pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban terhadap amanah berupa kekuasaannya. Oleh karena itu, kamu harus menjaga dan melaksanakan amanah dengan baik.

Penerapan perilaku amanah dalam kehidupan akan menumbuhkan lingkungan yang aman, damai, dan tenteram. Amanah merupakan faktor utama terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran suatu bangsa. Hal ini karena dengan sikap amanah semua komponen bangsa akan berperilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam setiap aktivitas kehidupan. Hitangnya perilaku amanah dalam kehidupan menjadi penyebab mewabahnya korupsi, kolusi, dan monopoll dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, hilangnya perilaku amanah menyebabkan musnahnya rasa saling perceya, tumbuhnya sikap saling mencurigai, dan beberapa sitat tercela lainnya. Sikap dan sifat tercela tersebut menjadikan kehidupan tidak tenteram dan tidak tenang.






No comments:

Post a Comment