Thursday, December 25, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perbuatan Zina dan Dampaknya. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perbuatan Zina dan Dampaknya

Asusila merupakan perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma atau kaidah kesopanan yang sekarang ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat, terutama remaja. Islam dengan Al Qur’an dan sunah telah memasang pagar-pagar hukum bagi kehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah dan bersih dari kerusakan moral. Menurut pandangan Islam, tinggi dan rendahnya spiritualitas (rohani) pada sebuah masyarakat berkaitan erat dengan segala perilakunya, bukan saja tata perilaku yang bersifat ibadah mahdah (khusus) seperti shalat dan puasa, namun juga yang bersifat perilaku ibadah ghairu mahadah (umum) seperti hal-hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan.

Zina merupakan hubungan seksual yang tidak sah baik dilihat dari sisi hukum agama maupun hukum negara. Prostitusi (pelacuran) dan seks bebas adalah dua contoh dari perbuatan zina. Dalam agama, prostitusi maupun seks bebas sangat besar dosanya.

Didalam Al Qur’anulkarim, terdapat beberapa ayat yang memuat informasi dan pengetahuan tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan. Firman Allah SWT, Artinya : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhyna Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS An Nur : 30)

Hadis Rasulullah SAW yang artinya menyatakan : “Maka bertakwalah kepada Allah dalam hal wanita. Sebab kalian telah mengambil mereka dengan dasar amanah Allah dan telah kalian halalkan kemaluan mereka dengan kalimah Allah.” (HR Muslim)

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perbuatan Zina

Ada beragam hal yang dapat menjadi faktor pemicu munculnya perbuatan zina di dalam suatu masyarakat tersebut, seperti berikut ini.

    Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perbuatan Zina dan Dampaknya
  1. Faktor lingkungan atau masyarakat yang memberikan pengaruh cukup besar terhadap tingkah laku sesorang, khususnya remaja yang kondisinya berada pada masa pubertas dan pencarian jati diri mereka sehingga mereka rentan terhadap pengaruh tersebut.
  2. Kurangnya keteladanan yang diberikan oleh pihak-pihak yang seharusnya memberi atau menjadi teladan. Keteladanan ini mutlak diperlukan, khususnya oleh remaja karena contoh atau teladan memberikan kemudahan untuk proses pembiasaan perilaku pada kehidupan sehari-hari mereka.
  3. Kurang konsistennya sikap dari pihak yang seharusnya memiliki tugas tersebut. Sikap tidak konsisten terkadang membuat seseorang tidak memiliki patokan yang jelas mengenai hal-hal mana yang boleh dan mana yang tidak.

Dampak-dampak perbuatan zina

1. Zina dapat menyebabkan timbulnya penyakit, seperti sifilis dan AIDS
2. Zina menyebabkan seorang wanita hamil tanpa nikah sehingga marak terjadinya aborsi
3. Zina berdampak merusak moral dan integritas diri
4. Zina mengakibatkan hilangnya kehormatan dan menghancurkan masa depan
5. Zina menimbulkan penyesalan yang tidak berkesudahan
6. Zina menyebabkan hancurnya keharmonisan rumah tangga

Usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam upaya mencegah perilaku asusila dalam masyarakat :
  1. Memperkuat pendidikan moral dan agama, baik dari orang tua, sekolah, maupun masyarakat
  2. Menjaga lingkungan dari hal-hal yang bisa memengaruhi untuk berbuat asusila
  3. Menanamkan rasa cinta dan senang terhadap budaya lokal dan tidak silau dengan budaya asing yang negatif
  4. Membuka biro konsultasi bagi masyarakat yang berkaitan dengan pendidikan seks bagi para remaja
  5. Pemerintah dan pihak yang terkait harus mengambil tindakan tegas bagi mereka yang melakukan tindakan asusila tersebut.






No comments:

Post a Comment