Tuesday, November 18, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Fungsi Iman kepada Rasul Allah Swt. dan Aplikasi dalam Kehidupan. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Fungsi Iman kepada Rasul Allah Swt. dan Aplikasi dalam Kehidupan

Syariat agama yang dibawa para rasul adalah sebagai pelita bagi hidup manusia juga memberi petunjuk dan ajaran yang suci, sehingga manusia tidak akan tersesat di tengah jalan. Untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat tidak hanya dengan akal saja, tetapi harus mendapatkan penjelasan, tuntunan, dan ajaran agama yang dibawa oleh para rasul.

Mengapa kehadiran para rasul sangat diperlukan, ada beberapa alasannya, diantaranya:
  1. membimbing umat manusia untuk mengetahui cara-cara beribadah kepada Allah.
  2. membimbing manusia untuk bisa membedakan yang benar dan yang salah serta yang haram dan halal.
  3. menjadikan dirinya sebagai suri teladan sebagai pribadi maupun pemimpin umat.

Secara bahasa, iman artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, iman adalah mempercayai dengan hati, mengucapkannya dengan lisan, dan mengamalkan dengan amal perbuatan. Fungsi iman kepada Rasul Allah Swt harus mampu diwujudkan dalam kehidupan manusia, diantaranya:
  1. mencintai para rasul dengan cara mengikuti dan mengamalkan ajarannya. Firman Allah Swt. yang artinya: ”katakanlah jika kamu(benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu, dan allah maha mengampun li maha penyayang.”(QS.ali imran:31)
  2. mengetahui hakikat dirinya bahwa ia adalah ciptaan Allah Swt, firman Allah yang artinya ”dan aku tidak ciptakan jin dan manusia. Kecuali untuk beribadah kepada –ku”(QS. Adz Dzariyaat:56).
  3. manifestasikan dari beriman kepada Allah.
  4. mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. terhindar dari keyakinan yang  menyesatkan.
  6. menjadikan rasul sebagai suri teladan bagi kehidupan manusia, baik sebagai pribadi maupun pemimpin umat. Firman Allah swt. yang artinya: sesungguhnya telah ada pada(diri) Rasulullah itu suri teladan  yang bagimu(yaitu) bagi orang yang menghadap(rahmat) Allah dan(kedatangan) hari kiamat dan banyak yang menyebut Allah.(QS.Al-ahzab:21)






No comments:

Post a Comment