Wednesday, October 1, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Tanda-tanda Penghayatan Iman Kepada Allah Swt. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Tanda-tanda Penghayatan Iman Kepada Allah Swt


Dalam kehidupan sehari-hari, manusia seharusnya mencontoh dan mengamalkan 99 sifat-sifat Allah yang tertera dalam Asmaul Husna. Agar manusia dapat melaksanakan hal tersebut, manusia harus terlebih dahulu menundukkan dan menjinakkan hawa nafsunya. Mengenai hawa nafsu, Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya : "Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhan-ku. Sesungguhnya Tuhan-ku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Yusuf: 53).

Seorang ahli tassawuf, Imam Ghazali juga menyatakan bahwa hawa nafsu masnusia lebih berbahaya bagi manusia daripada setan. Jika manusia mampu menundukkan hawa nafsunya, maka niscaya ia akan mampu menundukkan setan karena setan menggunakan hawa nafsu manusia untuk menjerumuskan dirinya sendiri.

Tanda-tanda Penghayatan Iman Kepada Allah Swt

Manusia yang benar-benar menghayati terhadap iman kepada Allah Swt., tentu memiliki tanda-tanda sebagai cermin penghayatannya tersebut. Ada pun tanda-tanda penghayatan iman kepada Allah Swt antara lain sebagai berikut :
  1. Rajin beribadah, baik itu ibadah mahdah maupun gairu mahdah.
  2. Berbudi luhur dan bersikap sopan santun, baik dalam perbuatan maupun perkataannya.
  3. Bersifat sabar, tabah, dan tawakal.
  4. Selalu bersyukur atas nikmat dari Allah SWT.
  5. Tidak cepat putus asa dalam menghadapi cobaan maupun ujian dari Allah SWT.
  6. Yakin akan keadilan Allah karena setiap perbuatan pasti akan ada balasannya yang setimpal dari Allah Swt..




1 comment: