Tuesday, July 8, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Riya' dan Bahayanya : Dapat Menggugurkan Pahala. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Riya' dan Bahayanya : Dapat Menggugurkan Pahala

Riya' merupakan salah satu penyakit hati yang berbahaya, salah satu bahayanya riya' adalah dapat menggugurkan pahala sesorang. Mari kita ikuti kisah tentang riya' dan bahanya berikut ini.
Riya' dan Bahayanya

Pada suatu hari, saat subuh seorang ahli ibadah membaca Surah Thaha, selesai membaca ia lalu tetidur, dalam tidurnya abid itu bermimpi melihat seorang pria turun dari langit membawa kitab Al-Qur'an.

Pria itu datang memperlihatkan catatan tentang kalimat-kalimat dalam surah Thaha. Di dalam catatannya itu, ada 10 kebajikan sebagai pahala bacaannya. Tapi ia menjadi heran karena ada satu kalimat yang pernah dibacanya hilang dari catatan tersebut. Dia lalu bertanya kepada pria itu mengapa catatannya tidak lengkap, ada satu yang hilang.

Pria yang turun dari langit itu lalu menjelaskan bahwa catatan tersebut ada yang hilang karena saat membaca kalimat itu, seorang hamba Allah SWT lewat di depan rumahnya. Lalu si abid mengeraskan suaranya supaya bacaannya terdengar oleh orang yang lewat tersebut. Sebenarnya, bacaan kalimat tersebut telah tercatat amalannya, namun karena si abid riya' atau pamer dengan bacaannya, seketika itu pula datang suara dari 'Arasy, "Padamkan catatan itu dan gugurkan pahala untuk kalimat itu".

Begitulah, amalan yang kita kerjakan jika tidak diniatkan untuk Allah SWT, tapi supaya dipuji oleh orang lain, maka kita sudah masuk dalam kategori riya', niscaya kita tidak akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.




No comments:

Post a Comment