Sunday, June 29, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Bagaimana caranya supaya bisa memaafkan kesalahan orang lain ?. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Bagaimana caranya supaya bisa memaafkan kesalahan orang lain ?

Memaafkan kesalahan orang lain merupakan salah satu hal yang sulit kita lakukan, bagaimana cara memaafkan kesalahan orang lain ? Simak kisah berikut ini.

Seorang petani miskin pada suatu hari ingin meminjam uang pada seorang saudagar kaya. Tapi, jangankan meminjamkan uang, saudagar tersebut malah mengusir dan mencaci maki petani tersebut.
Petani itu sangat sakit hatinya dan merasa dendam dengan perlakuan saudagar itu. Di tengah perjalanan pulang, dia bertemu dengan seorang kiyai, petani tersebut menceritakan apa yang terjadi pada kiyai tersebut.
Kemudian petani tersebut bertanya "Pak Kiyai, bagaimana caranya agar aku bisa menghilangkan sakit hatiku kepada saudagar itu ?".
Sang Kiyai berkata "Sebelum menjawabnya, saya akan bercerita sedikit. Dulu saya punya hutang kepada si fulan tapi tidak punya uang untuk membayarnya, kemudian saya menemui seorang teman, dan teman saya itu bersedia melunaskan hutang itu".
"Teman saya bersedia melunasi hutang saya karena kenal dengan saya, kalau tidak, mustahil ia akan membantu melunasinya". lanjut kiyai.
cara memaafkan kesalahan orang lain"Lalu apa hubungannya dengan kemarahan saya pak kiyai ?" tanya petani tersebut.
"Cara agar kita bisa memaafkan kesalahan orang lain adalah dengan berteman dengan Allah SWT, ceritakan kepada Allah SWT masalahmu itu", kata kiyai
"Lalu ... ?", tanya petani.
"Niscaya Allah SWT akan membalasmu dengan sesuatu yang lebih baik jika kamu memaafkan orang lain. Maafkanlah orang itu, Allah SWT akan membayarnya dengan sesuatu yang lebih baik untukmu". Kiyai itu lalu melanjutkan, "Ibarat teman saya yang membantu membereskan masalah hutang saya, Allah SWT akan membereskan masalah kemarahanmu dengan memberikan yang lebih baik kepadamu."
"Terima kasih pak kiyai, saya akan serahkan kemarahan saya kepada Allah SWT sehingga tidak ada lagi kemarahan dan dendam yang tersisa padaku kepada saudagar tersebut", kata petani tersebut.
Begitulah cara memaafkan kesalahan orang lain, dengan menyerahkan marah dan dendam kita terhadap orang lain kepada Allah SWT, niscaya Allah akan menggantinya dengan pahala dan balasan yang lebih baik.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.