Monday, June 23, 2014

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
Saudara muslimku calon penghuni sorga, kali ini kita akan membahas tentang Bagai Katak Dalam Tempurung. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Bagai Katak Dalam Tempurung

Bagai Katak Dalam Tempurung

Pepatah : "Seperti katak dalam (di bawah) tempurung"

Artinya :
  1. seseorang yang wawasannya kurang luas, bodoh, picik.
  2. orang seperti ini penglihatannya tidak luas, luasnya bagaikan luas tempurung.
Ini adalah sebuah cerita tentang seekor katak yang wawasannya kurang luas, bodoh, picik.

Di sebuah dusun katak, hidup seekor katak bernama Katako. Katako adalah katak yang bisa melompat jauh, tidak ada katak-katak lain di dusun itu yang dapat mengalahkannya. Sekali melompat Katako bisa mencapai jarak 1 meter.
Bagai Katak Dalam Tempurung
Kepandaiannya melompat menjadikan Katako sangat sombong. "Tidak ada katak di dunia ini yang dapat mengalahkanku..." katanya dalam hati. Setiap bertemu tangan-temannya, Katako selalu memperlihatkan keahliannya dalam melompat jauh, teman-temannya diam saja, tidak berkata apa-apa melihat kesombongan Katako.

Suatu hari datang seekor katak utusan raja katak ke dusun tersebut. Utusan tersebut mengumpulkan semua katak di dusun itu di tepi sungai, lalu dia berteriak memberikan pengumuman. "Wahai rakyat katak, sang raja katak akan mengadakan pertandingan melompat jauh untuk semua rakyat, silahkan kalian yang berminat untuk mengikutinya". Katako dengan sombongnya berkata, "Aku pasti akan menjadi pemenang lomba itu, aku adalah katak super pelompat jauh".

Saat hari perlombaan tiba, Katako sudah tiba di tempat perlombaan, dia melompat-lompat dengan sombongnya menuju arena yang berada di sebuah sungai. Saat itu semua katak-katak dari seluruh dusun di kerajaan katak sedang melakukan pemanasan untuk lomba melompat jauh.

Saat melihat katak-katak yang sedang melakukan pemanasan itu, alangkah kagetnya Katako, Ada puluhan katak, bahkan ratusan katak yang sedang melompat dengan lompatan yang lebih jauh dari lompatannya. Ada yang bisa melompat lebih dari 1 meter, bahkan 2 meter.

Melihat hal itu, Katako menunduk dan berkata pada dirinya sendiri. Alangkah bodohnya aku, selama ini aku menjadi sombong hanya karena bisa melompat paling jauh di dusunku, ternyata di luar sana, banyak katak-katak yang lebih hebat dariku. Aku seperti katak dalam tempurung.





No comments:

Post a Comment